Niat Zakat Fitrah yang Sebaiknya Anda Ketahui


Di akhir bulan ramadhan atau menjelang hari raya idul fitri sebagai seorang muslim yang telah menjalankan puasa selama bulan suci ramadhan maka Anda diwajibkan untuk membayar zakat fitrah sebagai penutup dan rasa syukur kepada Allah SWT. Membayar zakat ialah wajib hukumnya dan harus di bayarkan sebelum hari raya idul fitri. Kata fitrah sendiri memiliki arti suci atau bersih, sehingga zakat fitrah juga bermanfaat untuk membersihkan diri agar kembali suci seperti bayi yang baru di lahirkan ke dunia. Kewajiban untuk membayar zakat di bebankan kepada setiap individu baik laki-laki maupun perempuan yang beragama islam serta telah memenuhi syarat wajib dalam mengeluarkan zakat. Besaran jumlah zakat yang wajib di bayarkan ialah 2,5 kg bahan makanan pokok setara yang di makan oleh pemberi zakat atau bisa juga dengan uang yang jumlahnya setara dengan 2,5 kg bahan makanan pokok tersebut.

Tata cara dalam pembayaran zakat tentu saja tidak langsung begitu saja di berikan namun ada doa serta niat zakat fitrah yang harus di baca untuk menyempurnakan zakat yang Anda keluarkan. Bagi yang belum mengetahuinya Berikut ialah niat dan doa saat membayar zakat fitrah baik untuk diri sendiri maupun untuk anggota keluarga lainnya diantaranya:

  • Niat membayar zakat fitrah untuk anak laki-laki

“Nawaituu an uhrija zakat fitri (sebut nama anak laki-laki) fardzo lillahitaala”

Artinya: “Saya berniat mengeluarkan zakat fitrah atas anak laki-laki saya (sebut nama anak laki-laki) fardhu karena Allah Taala.

  • Niat membayar zakat fitrah untuk anak perempuan

“Nawaitu an uhrija zakat fitri ambbinti ( sebut nama anak perempuan ) fardzo lillahitaala”

Artinya: Saya berniat mengeluarkan zakat fitrah atas anak perempuan saya (sebut nama anak peempan) fardhu karena Allah Taala.

  • Niat membayar zakat fitrah untuk istri

“Nawaitu an-Uhrizakatt fitri an zaww jati fardzolillahitaala”.

Artinya: “Saya berniat mengeluarkan zakat fitrah atas istri saya, fardu karena Allah taala.

  • Niat membayar zakat fitrah untuk diri sendiri

“Nawaittu an ahrojaa zakat fitri annnafsi fardholillahi ta’ala”

Artinya: “Saya berniat mengeluarkan zakat fitra atas diri saya sendiri, fardhu karena Allah Taala.

  • niat membayar zakat fitrah untuk diri sendiri beserta dengan keluarga

“Nawaitu an uhrija zakat fitri annna wa’an jami’i maa yalzamuni nafqu tuhun syiar a’an far dzolillahi ta’ala.”

Keutamaan serta manfaat membayar zakat fitrah sangatlah banyak, tidak hanya bagi penerima zakat tetapi juga bagi pemberi zakat itu sendiri. Waktu pembayaran zakat ialah di akhir bulan ramadhan atau sebelum melaksanakan shalat idul fitri jika Anda membayarkannya setelah shalat maka zakat yang Anda keluarkan terhitung sebagai sedekah. Semoga berbagai macam informasi di atas akan lebih membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *