Cara Memilih Lembaga Wakaf Online yang Bagus dan Terpercaya

Dalam hal saling tolong menolong maka ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan, termasuk diantaranya adalah dengan memberikan sebagian harta yang dimiliki kepada orang lain, dengan jalan sedekah maupun wakaf. Sehingga jangan hanya menunggu kewajiban Anda dalam berzakat saja, jika ternyata banyak cara untuk bisa tolong menolong lebih baik. Banyak orang yang memilih mewakafkan sebagian hartanya untuk kebutuhan yang lebih bermanfaat dan diberikan ke tangan terpercaya. Sekarang sistemnya jauh lebih maju karena tak hanya dilakukan secara langsung, melainkan juga ada wakaf online.

 

Istilah yang agaknya juga tak terlalu asing lagi bagi Anda bukan, mengenai wakaf jenis ini memang sudah banyak bertebaran di tengah-tengah masyarakat. Namun masalah sendiri adalah apakah lembaga tersebut sudah menjamin kepercayaan atau tidak. Banyak sekali sekarang ini lembaga-lembaga yang mengaku sebagai salah satu tempat wakaf terpercaya online, namun kemudian menyalahgunakan nya untuk kepentingan pribadi, tentunya bukan hanya wakif yang dirugikan, melainkan juga calon penerima wakaf tersebut atau orang-orang yang membutuhkan.

Sehingga jikapun Anda ingin mendonasikan atau mewakafkan harta yang dimiliki secara online, agaknya perhatikan dulu beberapa hal berikut ini agar tak salah pilih, diantaranya adalah:

  1. Cek terlebih dahulu situs yang mereka miliki, umumnya mereka memberikan tawaran dari sebuah website, dengan branding yang benar-benar seperti profesional, maka sebagai wakaf jangan langsung percaya, melainkan cek langsung, lihat apakah ada nomor kontak yang dapat dihubungi atau hanya sebatas pengenalan diri singkat saja. sebuah lembaga terpercaya bisa dilihat secara langsung dari sini.
  2. Cek alamat yang disediakan, meskipun berbasis online, namun agaknya sebagai sebuah lembaga terpercaya maka mereka pasti juga memiliki sebuah alamat resmi, tempat atau kantor yang dapat didatangi untuk memastikan apakah lembaga ini benar-benar ada atau tidak. Jangan ragu jika memang ada alamat resminya maka secara langsung Anda bisa berkunjung kesana dan tanya-tanya.
  3. Lihat rekomendasi atau track record nya, biasanya ada beberapa orang yang sudah pernah menggunakan lembaga tersebut juga memberikan sebuah rekomendasi mana tempat yang benar-benar tepat terpercaya dan juga tidak. Penting bagi Anda mempertimbangkan hal ini.
  4. Lihat hasil nyatanya, karena memang dilakukan secara online beberapa orang tak tau apakah uang atau benda yang Anda wakafkan benar-benar dimanfaatkan dengan baik atau tidak, namun dari beberapa post yang pernah dilakukan pada bagian pemberitaan terlihat dengan jelas lembaga ini terpercaya dan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya atau tidak.

Banyak pilihan lembaga yang bertugas untuk mengatur harta benda hasil dari wakaf secara online, namun juga jangan asal pilih. Karena tak jarang diantaranya yang merupakan sebuah bentuk penipuan baru. Jika memang masih ada alternatif lain sebaiknya lakukan secara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *