Mengenal Jenis Batik Oleh-Oleh Khas Indonesia

Ketika kamu akan pergi keluar negeri untuk menjenguk teman-teman kamu. Maka satu hal yang wajib ada untuk kamu berikan kepada teman mancanegaramu tersebut. Yup oleh-oleh menjadi hal yang biasanya diminta ketika salah satu teman-teman anda pulan dari kampung halamannya. Biasanya mereka akan berkata kepada kamu, jangan lupa oleh-olehnya ya ketika kamu akan pulang kampung.

Nah jika kamu sedang mengalami hal tersebut dan sedang bingung untuk mencari oleh-oleh untuk teman-teman mancanegaramu, maka salah satu produk khas Indonesia yaitu “Batik” menjadi pilihan terbaik. Batik merupakan fashion yang sangat unik dan menunjukkan Indonesia banget, sehingga sangat cocok jika anda jadikan sebagai oleh-oleh.

Begitu banyaknya jenis batik yang ada, maka kamu harus jeli memilih batik yang terbaik. Namun jika kamu belum memiliki pengetahuan dasar mengenai jenis-jenis batik di Indonesia, maka dengan membaca artikel mengenai jenis batik oleh oleh khas Indonesia ini, kamu akan terbantu ketika akan membeli nanti. Berikut jenis batik oleh-oleh khas Indonesia untuk teman mancanegaramu.

1). Jenis Batik Kraton

Jenis batik ini berasal dari Yogyakarta. Berdasarkan sejarah, batik motif kraton di temukan oleh para putri kraton Yogyakarta. Sehingga motif batik ini terbilang sangat ekskluif pada saat itu. Banyak sekali motif batik yang berasal dari Yogyakarta selain batik kraton. Namun jenis motif batik kraton inilah yang tepat untuk oleh-oleh teman mancanegaramu. Karena memiliki sejarah yang cukup menarik.

2). Jenis Batik Sidomukti

Batik dengan motif sidomukti berasal dari salah satu daerah di jawa timur yaitu magetan. Sidomukti sendiri memiliki arti sebagai batik yang bermotif dasar gambar bambu. Motif yang tergambar di batik sidomukti ini memiliki makna berupa harapan untuk mendapatkan ketenangan hati lahir dan batin dalam diri kita.

3). Jenis Batik Mega Mendung

Motif batik ini sudah sangat popular di Indonesia, sehingga bisa menjadi pilihan terbaik untuk oleh-ole teman-teman mancanegaramu. Motif batik mega mendung ini berasal dari Cirebon. Bentuk dari motif mega mendung sendiri berupa gambar mendung berwarna gelap. Kesan gelap tersebut dihasilkan dari beberapa warna tua seperti biru tua, hijau tua, merah tua dan beberapa warna tua lainnya.

Mungkin itu beberapa jenis batik oleh-oleh khas Indonesia pilihan untuk teman mancanegara kamu. Dengan batik terbaik, maka teman anda tidak akan melupakan pemberian oleh-oleh dari anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *