Pengobatan Baru Kanker Payudara

Sebuah uji laboratorium yang dapat mengidentifikasi tujuh tahap penyembuhan kanker payudara mungkin selesai dalam dua tahun ini, kata ilmuwan Inggris, beberapa hari lalu. Dalam British Journal of Cancer para peneliti dari University of Nottingham menyebutkan penemuan itu dapat membantu para dokter dalam menyembuhkan dan meningkatkan kelangsungan hidup manusia. Dua biomarker atau penanda biologis untuk mengamati perkembangan tumor payudara dipantau secara rutin.

Tahun lalu para peneliti mengungkapkan bahwa kanker payudara dapat dibagi menjadi 10 bentuk berbeda berdasarkan genetika pasien. Teknik pembagian tersebut hanya dapat dilakukan dengan menggunakan profil genetik yang terperinci. Artinya, proses tersebut akan mernbutuhkan biaya yang retatif besar dan tidak sederhana bagi sebagian besar pasien.

Menurut para peneliti, tiap-tiap jenis kanker memiliki dampak berbeda terhadap kelangsungan hidup individu. Baru-baru ini tim peneliti yang dipimpin Andy Green dari University of Nottingham mengembangkan sebuah metode yang dapat melindungi 10 protein. Kesepuluh protein tersebut dapat mengidentiflkasi tujuh jenis kanker payudara dalam tahapan berbeda. Dr Green mengatakan metode tersebut bisa menjadi alternatif dalam pengobatan kanker payudara.

Ia menambahkan, teknologi yang dibutuhkan untuk mengukur jumlah protein pada sampel tumor telah tersedia di hampir sebagian besar laboratorium patologi di Inggris. Dalam penelitian itu, para peneliti mencari tanda-tanda di setiap tahap kanker pada 1.073 sampel tumor dari jaringan tepi. Lalu mereka menemukan sebanyak 93% tersimpan rapi ke dalam satu dari tujuh kelas, sedangkan sisanya, 7%, sulit dikategorikan.

Dalam proses verifikasi lebih lanjut ditemukan tujuh kelas yang terbagi oleh kombinasi berbeda dan 10 protein yang ditemukan dalam kanker payudara. Termasuk di antaranya dua jenis protein yang biasa ditemukan pada sel-sel kanker payudara, yaitu estrogen reseptor (ER) dan HER2.

Menurut Baroness Delyth Morgan, direktur eksekutif untuk kampanye kanker payudara, yang ikut menyokong dana penelitian, “Kami perlu meyakinkan pengobatan yang menjamin kesehatan dan kelangsungan hidup, dan ternyata yang kami miliki sekarang bisa dikatakan lebih dari cukup.” Semoga temuan ini bisa memperpanjang usia harapan hidup para penderita kanker payudara. Yang terpenting dari semua itu biasakan selalu untuk menjaga pola makan dan pola hidup sehat serta rutin berolahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *