Pembentukan Memori Penderita Demensia

Lalat buah ternyata memegang peranan penting dalam mengobati penyakit demensia atau yang kita kenal sebagai penyakit gangguan daya ingat. Baru-baru ini para peneliti dari University of Houston (UH) telah memaparkan hasil penelitian mereka tersebut. Melalui penelitian terhadap lalat itu kita akan lebih memahami mengenai proses terbentuknya kenangan atau memori sehingga kita sebagai manusia dapat berupaya meningkatkan daya ingat di berbagai usia, tak terkecuali di saat usia lanjut.

Gregg Roman, ahli peneliti biologi dan biokimia di University of Houton, menggambarkan tentang temuan mereka dalam sebuah tulisan menarik mengenai Drosophila, yakni sejenis lalat kecil pada buah. Tulisan tersebut telah dimuat dalam jurnal bulanan Cell Press.

Sebagaimana kita ketahui bersama, fungsi memori sangat penting bagi kehidupan kita sehari-hari. Dalam berbagai hal kita memiliki kenangan, tetapi searing kali kita juga mengalami kesulitan dalam membentuk kenangan baru. Karena itu, kita perlu mempelajari proses terbentuknya sebuah kenangan.

Di dalam otak lalat, Roman telah menemukan sel saraf yang memainkan peran dalam indra penciuman dan memori. Dalam percobaan itu para peneliti telah berhasil mempelajari indra penciuman itu melalui eksperimen yang melibatkan anjing untuk meningkatkan kinerja memori. Lalat dilatih untuk menghubungkan sengatan listrik lemah dengan indra penciuman dan ternyata lalat mampu menghindari sengatan itu dengan menggunakan indra penciuman mereka. Para peneliti mengindikasikan sel-sel saraf tertentu, diaktifkan indra penciuman. Eksperimen dengan menghubungkan listrik rendah dan indra penciuman pada lalat ternyata mampu mengubah sel-sel dalam saraf untuk menanggapi bau dengan mengembangkan modifikasi kegiatan gamma neuron lobus yang biasa dikenal dengan nama jejak memori.

Melalui eksperimen itu diketahui, indra penciuman tanpa sengatan listrik menyebabkan aktivitas gamma neuron lobus lebih lemah, sedangkan pada indra penciuman dengan sengatan listrik menyebabkan aktivasi neuron-neuron itu lebih kuat. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa gamma neuron lobus menjadi lebih kuat apabila indra penciuman sering dilatih jika dibandingkan dengan tidak dilatih. Pentingnya menggunakan lalat buah karena struktur otak lalat lebih sederhana dengan jumlah neuron yang lebih sedikit. Untuk itu agar Anda terhindar dari demensia rajin-rajinlah menggunakan otak agar otak terlatih untuk mengenang sesuatu hal dan menyimpannya dalam memori (kenangan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *