Tim PKM UNEJ Temukan Bakteri Pencegah Kanker Asal Kawah Ijen

Tim PKM (Program Kreativitas Mahasiswa)  dari Jurusan Biologi FMIPA Universitas Jember (UNEJ) berhasil mengisolasi bakteri pencegah kanker. Bakteri kemampuan pencegah kanker berasal dari enzim L-asparaginase pada bakteri tersebut, L-asparaginase adalah suatu enzim yang secara observatif mampu mencegah berkembangnya kanker dalam tubuh manusia. Dari delapan bakteri yang berhasil diisolasi, terdapat satu bakteri yang mampu menghasilkan enzim pencegah kanker tersebut dalam kuantitas yang besar.

bakteri pencegah kanker berhasil diisolasi dari kawah Ijen
Kawah Ijen

Enzim L-asparaginase adalah enzim yang mengkatalis pemecahan asam amino asparagin yang dapat membentuk akrilamid, senyawa neurotoksin yang mampu menginduksi perkembangan kanker dalam tubuh manusia. Pembentukan akrilamid ini terjadi melalui reaksi Mailyard, reaksi antara asam amino asparagin dan senyawa karbohidrat sederhana dalam makanan.

Berita Terkait: HIV/AIDS Dapat Disembuhkan Total Dengan Cara Ini

Dengan penambahan asparagin dalam pengolahan makanan diharapkan pembentukan akrilamid dapat diminalisir dan kesehatan masyarakatpun meningkat. Sebelum dikomersialkan sebagai salah satu bahan makanan tambahan antikanker, enzim asparaginase hasil produksi bakteri kawah ijen tersebut harus melalui proses karakterisasi, optimasi produksi dan pemeriksaan dari POM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) Nasional.

One thought on “Tim PKM UNEJ Temukan Bakteri Pencegah Kanker Asal Kawah Ijen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *