Tips Membeli Rumah Yang Mudah

Bagi anda pasangan yang baru menikah pastilah masih bingung dalam mencari hunian. Pada umumnya pasangan yang baru menikah akan tinggal di rumah orang tua atau mertua. Ada pula yang lebih memilih mengontrak atau menyewa apertemen. Padahal daripada mengontrak atau menyewa apertemen yang mengharuskan bayar perbulan atau pertahun, lebih baik jika membeli rumah. Hal ini dikarenakan mengontrak rumah atau menyewa apertemen hanya menghabiskan uang saja namun tidak memiliki tempat tingga bahkan hingga puluhan tahun. Jika anda khawatir karena harga rumah dan tanah yang semakin mahal maka anda harusnya mengethaui beberapa tips membeli rumah yang mudah berikut sebagai bahan referensi anda.

  1. Kredit Perumahan Rakyat

Tips pertama jika anda ingin membeli rumah namun dana yang anda punya sedikit anda bisa mencoba membeli rumah melalui kredit perumahan rakyat. Apalagi sekarang banyak developer yang menawarkan rumah dengan cara dicicil atau kredit dengan harga perbulan yang tak akan memberatkan anda. Anda hanya perlu menyiapkan uang Dp yang sesuai dengan tabungan anda, lalu sisanya anda cicil setiap bulannya. Cara ini akan lebih efektif ketimbang anda mengontrak yang sama saja membayar perbulan. Namun sayangnya anda mengontrak, anda tak akan memiliki rumah selamanya.

  1. Membeli Rumah Bekas

Tips kedua membeli rumah yang mudah yang bisa anda lakukan adalah dengan membeli rumah bekas. Membeli rumah bekas juga bisa menjadi alternative anda untuk memiliki rumah dengan harga terjangkau. mulai dari sekarang, anda bisa mencari rumah yang sedang dijual melalui kenalan anda atau melalui situs jual beli online. Anda bisa mencari rumah bekas sesuai dengan budget yanga nda miliki. Jika anda tidak memiliki cukup dana maka anda bisa meminjam uang ke bank atau tempat peminjaman modal resmi. Anda bisa meminjam dulu sertifikat rumah yang akan anda beli lalu ajukan ke bank dan kemudian jika sudah keluar dananya, anda bayarkan ke penjual rumah. Lalu anda tinggal menyicil uang ke bank.

  1. Membeli Rumah Subsidi

Pemerintah sekarang sedang mempunyai program rumah subsidi di berbagai kota di seluruh Indonesia. Hal ini bisa anda manfaatkan karena harga rumah subsidi jauh lebih murah dan cicilan perbulannya pun akan lebih ringan. Sehingga siapapun bisa membeli rumah subsidi. Dpnya pun cenderung tidak mahal, yang pasti tak akan memberatkan anda dan pasangan anda. Anda tinggal memilih saja lokasi yang anda inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *