SandBoxie, Cara Praktis Amankan Sistem Windows

Informasikan.com – SandBoxie adalah program besar yang dirancang untuk sistem operasi Windows guna melindungi komputer dari program – program berbahaya dan mencegah dari pembuatan perubahan pada file sistem. Aplikasi ini memungkinkan Anda selaku si pengguna buat menjalankan (mengoperasika) program – program seperti Browser, PDF, Microsoft Office Word, Microsoft Office Excel atau aplikasi yang lainnya dalam lingkungan Sandbox.

Sandboxie memang sangat membantu pengguna untuk melindungi komputer (PC) atau laptop dari perangkat lunak berbahaya, program jahat, trojan, spyware, worm, virus dan ancaman yang dapat merusak mesin. Jadi bisa dibilang Sandboxie bertindak juga sebagai firewall di antara komputer Anda dan beragam program yang sedang Anda gunakan sebagai ancaman akan didownload ketika Anda sedang online.

Baca Juga : Belajar Matematikan Dengan Permainan Congkak

SandBoxie adalah metode pencegahan terhadap kerusakan permanen pada sistem Anda yang disebabkan oleh serangan malware dengan menolak akses ke sistem Anda dengan menjadikan SandBoxie berpura-pura menjadi sistem operasi yang nyata untuk mengelabui serangan infeksi virus, spyware , malware dan sebangsanya.

SandBoxie agak berbeda dari program sandbox biasa karena tidak menggunakan virtualisasi semuanya. Virtualisasi ini hanya sumber daya yang diminta oleh program yang berjalan di dalam sandbox seperti File, Disk Devices, Registry Keys, Driver, dan lain-lain serta obyek yang digunakan untuk komunikasi seperti Mailbox Objects, Acara, Mutexs, Semaphore, Bagian dan Port LPC.

Ketika Anda menjalankan aplikasi ini ia akan menciptakan sebuah ruang terisolasi dan mencegah program untuk membuat perubahan permanen dalam komputer. Pengguna dapat mengkonfigurasi aplikasi SandBoxie sesuai dengan kebutuhan mereka dan dapat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dalam program Sandboxie tunggal. Ancaman mulai dari botnet untuk trojan perbankan yang sangat merusak di alam maya dan beberapa ransomware dianggap sebagai ancaman terbesar bagi keamanan para pengguna komputer atau laptop.

Terpopuler : Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S7

Berikut ini cara menggunakan SandBoxie :

  • Download Sandboxie dan jalankan file setup.exe untuk menginstal aplikasi, setup.exe akan mendownload beberapa file lainnya untuk menyelesaikan instalasi.
  • Setelah melakukan instalasi jendela Sandboxie Control akan muncul di layar.
  • Klik kanan pada Box Sandbox Default untuk menjalankan program di Sandboxie.
  • Anda bisa menuju ke All Programs, klik pada Sandboxie dan membuat shortcut pada desktop dari “web browser Run Sandbox” atau pin ke layar Start atau menu.

Apabila Anda berminat memiliki aplikasi yang satu ini bisa langsung mengunduhnya atau download di https://www.sandboxie.com/index.php?DownloadSandboxie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *