Pengaruh dan Jenis-jenis Lembaga Pembiayaan

Secara umum multifinance merupakan lembaga yang akan menyediakan sejumlah dana atau modal untuk keperluan pembiayaan berbagai jenis kegiatan khususnya pendirian dan pelaksanaan di sektor usaha yang sedang membutuhkan, seperti yang tertuang dalam Kepres No. 61 TAHUN 1988. Bisa dikatakan lembaga pembiayaan merupakan perusahaan-perusahaan penyediaan dana atau modal namun non bank. Selain untuk membiayai kegiatan masyarakat yang bersifat produktif, badan usaha ini juga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang bersifat konsumtif.

Lembaga yang erat kaitannya dengan kegiatan pembiayaan dan penyediaan dana sendiri memiliki peran yang sangat penting dalam pergerakan perekonomi bangsa dengan menjadi salah satu sumber pembiayaan alternatif yang dapat menunjang pertumbuhan perekonomian nasional. Lembaga ini dapat juga menjadi media yang akan menampung serta menyalurkan minat masyarakat untuk berperan aktif dalam pembangunan dimana para pelaku usaha tidak perlu lagi dipusingkan dengan masalah permodalan. Berdasarkan karakteristik dan fokusnya, terdapat beberapa jenis lembaga pembiayaan diantaranya adalah :

  1. Sewa Guna Usaha

Sewa guna usaha atau lebih dikenal dengan nama leasing merupakan kegiatan sewa menyewakan barang yang aktif dan tetap, aktivitas ini bisa menjadi sumber pendapatan baru. Sebagai contoh adalah perusahaan penyewaan mobil.

  1. Kartu Kredit

Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan kartu plastik yang satu ini bukan? Kartu kredit memang sudah sejak lama digunakan untuk memenuhi kebutuhan transaksi keuangan, bentunya yang tipis dan kecil tentu lebih memudahkan para pengguna kartu kredit untuk membawanya kemana pun. Kartu kredit sendiri merupakan kartu debit yang diterbitkan oleh lembaga keungan seperti Bank. Selain kartu kredit, jenis kartu debit yang sangat populer dikalangan masyarakat modern adalah kartu ATM.

  1. Consumers Finance

Consumers finance atau pembiayaan konsumen merupakan lembaga keuangan yang akan mengeluarkan sejumalah dana khusus untuk keperluan masyarakat yang bersifat konsumtif, dengan kata lain aktivitas pembiayaan ini dimaksudkan untuk pembelian sejumlah barang yang nantinya tidak digunakan untuk keperluan produktif.

  1. Factoring

factoring  atau yang lebih dikenal dengan nama anjak piutang merupakan badan usaha yang akan membiayai berbagai kegiatan pengalihan, pengelolaan dan administrasi piutang. Adapun mekanisme kerja dari perusahaan anjak piutang ini adalah dengan memberikan sejumlah dana dengan nominal tertentu kepada klien yang nantinya akan digunakan untuk membayar piutang yang belum tertagih. Untuk pengalihan piutang dikenal dengan nama jasa financing, sementara jasa pengelolaan serta administrasi piutung dikenal dengan nama jasa non financing.

  1. Venture Capital

Venture capital atau modal ventura merupakan aktivitas pembiayaan melalui penyertaan modal perusahaan tertentu kepada perusahaan lainnya. Di Indonesia sendiri perusahaan modal ventura ini lebih identik sebagai pemberi penjaman.

Demikianlah informasi singkat mengenai pengaruh dari badan usaha lembaga pembiayaan dan jenis-jenisnya semoga dapat bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *