Madu Asli: Menilik Pemanfaatannya untuk Manusia

Banyak bahan makanan yang umumnya dikonsumsi oleh manusia sebagai makanan pokok namun memiliki kandungan yang tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Contoh dari jenis bahan makanan ini adalah gula dan lemak yang bisa menyebabkan berbagai penyakit apabila dimakan dalam jumlah yang terlampau banyak. Namun ada juga bahan makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh manusia dan baik dikonsumsi dalam jumlah cukup banyak, salah satu contohnya adalah madu atau honey yang merupakan hasil dari lebah dan nektar dari bunga pada tumbuhan.

Honey merupakan hasil dari campuran nektar yang dihasilkan bunga dengan air liur lebah. Honey memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat bagi tubuh manusia baik sebagai bahan makanan, kosmetika hingga produk obat. Apa saja kandungan dari hasil lebah dan bunga ini, berikut ini beberapa nutrisi, vitamin dan mineral yang dikandung di dalamnya:

  • Karbohidrat.
  • Vitamin B.
  • Vitamin A.
  • Vitamin C.
  • Glukosa dan fruktosa.
  • Karbohidrat.
  • Serat.
  • Magnesium.
  • Kalsium.
  • Kalium.
  • Zinc.
  • Besi.
  • Natrium.
  • Dsb.

Dari berbagai kandungan di atas, manusia kini sering menggunakannya untuk berbagai kebutuhan misalnya:

  1. Sebagai selai roti untuk menu sarapan setiap hari.
  2. Sebagai obat luka bakar atau obat kulit karena memiliki sifat menghilangkan bekas luka.
  3. Sebagai menu diet untuk menambah serat dan sumber gula yang lebih baik dari gula tebu.
  4. Campuran minuman hangat untuk melegakan tenggorokan dan meredakan batuk.
  5. Menghilangkan keluhan sakit perut karena membantu kerja sistem pencernaan.
  6. Sebagai produk kosmetik untuk mengangkat komedo dan kotoran wajah dalam bentuk masker.
  7. Campuran pada bahan sabun mandi untuk menghaluskan kulit.

 

Selain dari penggunaan di atas, madu lebih sering dikonsumsi dalam bentuk murni dengan cara langsung diminumkan dengan takaran satu sendok makan setiap hari. Dengan begitu manusia akan mendapatkan nutrisi berupa vitamin dan mineral penting setiap harinya. Konsumsi yang dianjurkan yaitu setiap pagi atau sebelum tidur. Selain manfaat di atas, cairan kuning kental ini juga memiliki sifat merelaksasi pikiran sehingga bisa digunakan untuk mengurangi stres dan menenangkan pikiran sebelum beristirahat di malam hari.

Kebutuhan akan cairan ini membuat banyak peternak kini membudidayakan lebah sebagai penghasilannya. Kini produk campurannya juga banyak beredar sehingga bisa mengurangi khasiat yang diperlukan. Karenanya bagi Anda yang ingin membeli dalam bentuk asli atau murni, sebaiknya langsung membeli dengan merk terpercaya atau memesan pada peternak yang sudah menjadi langganan. Harga produk aslinya dijual sekitar Rp. 60.000 hingga Rp. 80.000 per botol tergantung dari volume kemasan. Selain dalam bentuk murni, terkadang ada juga produk yang dicampur dengan bahan berkhasiat lain misalnya kurma atau kulit manggis.

Dari berbagai manfaat madu di atas, sangat rugi rasanya jika Anda dan keluarga tidak meluangkan waktu untuk mengkonsumsi madu setiap harinya. Harga madu juga tak terlalu mahal untuk dijadikan bahan makanan bermanfaat penangkal penyakit. Anda bisa memesannya melalui situs belanja online atau toko obat terdekat untuk mendapatkan produk murni atau asli. Khasiat madu bisa langsung dirasakan setelah satu minggu konsumsi secara rutin yaitu tubuh terasa lebih segar dan ringan karena sistem pencernaan memiliki tambahan serat dan banyak manfaat lainnya. Untuk luka luar dan kosmetika, gunakanlah secara rutin sehingga hasilnya bisa segera terlihat pada kulit atau bagian tubuh yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *