4 Langkah Penanganan Awal Infeksi Kulit Pada Anak

Anak – anak memiliki resiko terkenan penyakit infeksi kulit menular seperti impetigo sangat besar. Hal ini tak lain karena tingkat aktifitas anak yang tinggi. Anak menyukai dunia permainan, terutama yang bersentuhan dengan teman-teman sebayanya. Kontak fisik anak dengan teman sebayanya tak dapat dihindari. Dan itu merupakan faktor penyebab meningkatnya resiko terkena impetigo.

Selain itu, infeksi kulit pada anak juga dapat disebabkan oleh tingkat kebersihan anak yang rendah. Sehabis melakukan aktivitas fisik, anak malas untuk membersihkan diri. apalagi didukung oleh kenyataan bahwa sistem kekebalan tubuh anak belum terbentuk secara sempurna untuk melawan penyebab impetigo. Tentu berbeda dengan orang dewasa. Hal terburuk, impetigo juga bisa disebabkan oleh adanya diabetes anak.

Penanganan awal mencegah Infeksi kulit pada anak

Sebagai orang tua yang mencintai anaknya dan tak ingin membatasi perkembangan anak pada dunianya. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah infeksi kulit pada anak, yaitu:

  1. Menjaga tingkat kebersihan anak. Hal pertama yang dapat anda lakukan adalah membiasakan anak membersihkan diri dengan air bersih. Kalau perlu tambahkan aktibakteri seperti lifebuoy. Untuk mencegah bakteri penyebab impetigo pada anak.
  2. Kenali gejala anak terkena infeksi kulit. Hal ini bertujuan untuk memberikan penanganan sedini mungkin untuk melakukan pengobatan. Meski bukan penyakit yang berakibat fatal, impetigo dapat sangat mengganggu aktivitas anak. Anak akan mengalami gatal-gatal. Beberapa gejala anak terkena infeksi kulit adalah:
  • Kulit anak memerah disertai dengan bintik-bintik. Biasanya terjadi pada bagian muka, kepala dan tangan. Bagian itulah yang sensitif terhadap rasa gatal dan infeksi.
  • Bagian kulit yang sakit akan melepuh dan mengeluarkan cairan.
  • Adanya rasa gatal pada area berwarna merah, biasanya anak akan menggaruknya. Usahakan untuk tidak dilakukan. Sebab akan mengakibatkan kulit anak terluka
  • Rasa gatal dan sakit akan menjalar.
  • Terjadinya pembekakan kelenjar getah bening pada area yang terkena.
  1. Setelah anda mengetahui gejalanya, segera lakukan pengobatan. Anda dapat menghubungi dokter. Tidak akan dilakukan pemeriksaan laboratorium untuk penyakit ini. anak hanya akan diberikan obat penghilang impetigo saja. bisa berupa salep atau pil. Bisa juga keduanya.
  2. Lakukan pencegahan penularan. Setelah anak terkena impetigo, jangan jauhi. Walau memang anda harus memisahkan barang-barang yang digunakan anak dengan yang lain. Sebab impetigo mudah sekali menular. Usahakan pula untuk tidak tersentuh cairan impetigo, atau jika tersentuh cuci dengan air bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *